Pulau Trawangan, Gili Trawangan Lombok


Pulau terbesar dari ketiga gili yang letaknya paling jauh dari Pulau Lombok, menuju kesana dengan perahu Motor menempuh waktu 45 menit. Pulau ini merupakan Pulau kecil yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat, penduduk terpadat di huni di bagian sebelah timur pulau ini. 

Sejarah dari nama Pulau ini yang dahulunya merupakan markas dari pasukan Jepang untuk menerawang sekutu, dari nama itulah pulau ini di namakan Gili Trawangan. Sejarah lain menyebutkan  pulau ini merupakan tempat pembuangan Narapidana yang sudah tidak memiliki tempat di tahanan kerajaan sang penguasa waktu itu hingga di buanglah sekitar 350 orang pemberontak sasak ke pulau ini. Baru sekitaran tahun 1870 banyak pendatang ke pulau ini dari Sulawesi yang kemudian menetap disini.

Pulau ini sering di sebut juga Surganya para lajang yang ingin menikmati glamornya dunia malam, hamper setiap malam di Pulau ini diadakan Party yang diselenggarakan secara bergiliran di setiap tempat keramaian. Suasana di Pulau ini lebih bernuansa Pesta di bandingkan dengan 2 Pulau Kecil lainnya (Gili Meno dan Gili Air) mayoritas yang dating ke Pulau ini adalah tourist-tourist muda yang senang dengan suasana “Party”. Penginapan lebih cendrung mengadopsi ke sebuah resort, Villa atau bungalow-bungalow kecil yang di penuhi di bagian sebelah timur Pulau ini. Yang harga berkisar antara Rp. 200.000,- hingga jutaan rupiah. Di tempat ini juga sangat popular di lakukan oleh para wisatawan adala scuba diving dengan memperoleh sertifikat PADI, snorkeling di sebelah timur laut, bermain kayak, surfing, berkeliling dengan kendaraan berkuda (Cidomo) dan di beberapa tempat menyediakan kursus berkuda.

Sama seperti dua gili lainnya di pulau ini juga kendaraan bermotor tidak di izinkan, umumnya penduduk setempat maupun wisatawan yang dating disana menggunakan sepeda sebagai alat transportasi mereka serta kereta berkuda atau Cidomo yang sering di Jumpai juga di Lombok, untuk menuju atau meninggalkan pulau ini biasanya menggunakan perahu motor atau speed boat. Keindahan pulau ini juga dapat kita saksikan saat melihat Matahari terbit di balik gunung rinjani dan Matahari terbenam melalui balik bukit di gili trawangan.

ads

1 komentar:



  1. https://drive.google.com/file/d/0B6ut4qmVOTGWMkJvbFpZejBQZWM/view?usp=drivesdk

    Web: almawaddah.info


    Salam


    Kepada:

     

    Redaksi, rektor dan para akademik


    Per: Beberapa Hadis Sahih Bukhari dan Muslim yang Disembunyikan


    Bagi tujuan kajian dan renungan. Diambil dari: almawaddah. info

    Selamat hari raya, maaf zahir dan batin. 

    BalasHapus